Masuk SMK, Pilih Jurusan Apa?

smk-bisa

Sering kali sulit menentukan pilihan jurusan sekolah bagi kalian yang tidak mengetahui apa passion atau minat. Minat dapat membuat kita senang dan enjoy dalam menjalani kegiatan sekolah sehari-hari dan membuat kalian jauh lebih berprestasi. Sebaliknya, saat kita tidak memiliki minat dibidang yang jelas dan salah memilih jurusan sekolah, kita akan menjalani sekolah dengan berat dan penuh keterpaksaan. Pada akhirnya kita akan mengetahui minat yang diingkan seiring berjalanya waktu.

Sekarang mungkin kita tidak tau apa yang kita inginkan, tetapi suatu saat nanti kita mungkin akan mengerti ingin bekerja dibidang apa dan apa yang kita inginkan sebenarnya.  Semakin lama kemampuan berfikir kita akan semakin berkembang dengan seiring bertambahnya pengetahuan, informasi, dan pengalaman hidup yang dilalui. Pergaulan yang lebih luas akan ikut membantu kita mengetahui apa yang sebenarnya penting dan menyenangkan untuk dikerjakan. Untuk mengatasi hal tersebut maka lebih baik kita memilih jurusan yang umum dan paling banyak dikenal orang.

Jurusan yang umum memiliki bidang kerja yang sangat luas sehingga kita bisa masuk ke perusahaan yang bergerak diberbagai bidang kerja. Jurusan yang umum dapat memasuki bidang kerja yang khusus, tetapi jurusan yang khusus sulit untuk memasuki bidang kerja yang umum. Untuk berjaga-jaga, dengan mengambil jurusan yang umum kita dapat mengantisipasi keinginan kita dimasa depan untuk memasuki bidang kerja yang belum terpikirkan sekarang. Jurusan-jurusan yang termasuk umum dan memiliki banyak bidang kerja yang bisa dimasuki antara lain: 

Teknik Gambar Bangunan / Teknik Bangunan
Kelompok jurusan bangunan ini mendidik kalian untuk menjadi pelaksana pengerjaan berbagai macam proyek konstruksi bangunan gedung, jembatan, dan jalan. Lapangan kerja jurusan ini sangat luas dan hampir diseluruh perusahaan yang bergerak dibidang bangunan membutukan keahlian kalian SMK dijurusan ini. Tidak hanya membutuhkan, tapi mereka juga sering membuka lowongan untuk anak SMK jurusan teknik bangunan yang bisaanya dipekerjakan untuk drafter gambar atau tukang survey proyek. Dulu saya berfikir kalau masuk jurusan ini bakalan jadi tukang/kuli bangunan, eh ternyata bukan seprti itu, ini lebih baik. Dibandingkan bidang pekerjaan lain, bidang konstruksi bangunan berpotensi memberikan uang ceperan yang lumayan bagi para pekerjanya. Tidak cukup sampai disitu, banyak perusahaan BUMN yang setiap tahun mengadakan recruitment pegawai tingkat SMA dan SMK mencari dan membutuhkan tenaga teknik bangunan, sebut saja Wika beton, Waskita Precast dll. Jadi menurut saya jurusan ini bisa jadi pilihan utuma untuk kalian. Jika ternyata setelah kalian masuk jurusan teknik bangunan dan mendapatkan rezeki untuk dapat melanjutkan kuliah maka saya menyarankan untuk melanjutkan ke jurusan D3/D4 teknik sipil atau jika memungkian dan mampu silahkan mengikuti SNMPTN/SBNMPTN untuk masuk ke S1 teknik sipil. Dipilihan kedua mungkin kalian bisa menaruh teknik lingkungan, arsitektur atau perencanaan wilayah dan kota.

Teknik Mesin / Mesin Perkakas / Mesin Industri
Selanjutnya ada kelompok jurusan teknik mesin yang saya rekomendasikan untuk kalian. Kalian akan didik untuk memiliki keahlian mengunakan mesin untuk berbagai pekerjaan misalnya membubut, mengelas, atau mengoperasikan alat CNC. Sama seperti jurusan teknik bangunan, jurusan mesin juga sangat banyak lowongan pekerjaanya bahkan pekerjaan konstruksi bangunan juga membutuhkan anak SMK mesin untuk melakukan pekerjaan mekanikal. Semua pabrik manufaktur atau pembuat barang juga sangat sering membuka lowongan untuk jurusan ini. Lingkup pekerjaan teknik mesin sangat luas, dari pada kalian mengambil jurusan otomotif lebih baik mengambil jurusan mesin karena anak mesin bisa melakukan pekerjaan otomotif tetapi anak otomotif belum tentu bisa melakukan pekerjaan mesin dan anak otomotif peluang kerjanya lebih sempit dari pada mesin. Sebut saja BUMN sekelas Krakatau steel, PLN, Pertamina, WIKA sering membuka lowongan untuk SMK Mesin.  Bagi yang punya rezeki lebih dan bisa melanjutkan ke jenjang kuliah maka saya sarankan untuk masuk ke D3/S1 teknik mesin.

Teknik Listrik / Listrik Industri / Teknik kelistrikan
Selanjutnya kelompok jurusan teknik listrik yang peluang kerjanya sama seperti kedua jurusan dia atas. Kalian akan dididik untuk mengerti dan memiliki keahlihan dibidang kelistrikan seperti memahami berbagai rangkaian elektrik dan instrument listrik. Semua perusahaan membutuhkan dan membuka lowongan kerja untuk anak SMK listrik mulai dari pabrik manufaktur, kontraktor bangunan, perusahaan kimia dll karena mereka pasti memiliki bermacam rangkaian listrik yang harus dirawat. Beberapa BUMN setiap tahun juga membuka lowongan kerja untuk SMK listrik, sebut saja PLN dan anak cucunya, Pertamina, Petrokimia, Semen Indonesia dan masih banyak lagi. Jika kalian punya kesempatan bagus untuk bisa masuk kuliah maka saya menyarankan untuk kalian meneruskan ke jurusan D3/S1 teknik elektro terutama yang arus kuat.

Teknik Informatika / Teknik Komputer jaringan / Teknik Rekayasa Perangkat Lunak
Diera digital ini dimana internet digunakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia maka kebutuhan SDM dibidang teknologi sangatlah tinggi. Jurusan yang berhubungan dengan internet dan teknologi ini akan mendidik kalian menjadi progremer handal dan pembuat design web yang keren. Sekarang ini lulusan SMK yang bisa design web, mengolah data dengan mengasai bahasa pemrograman, mendesign poster, buat video kreatif sangat banyak dicari seiring bertumbuh kembangnya industry start up digital di Indonesia. Gaji di perusahaan start up digital sangat menggiurkan, sebut saja buka lapak, tokopedia, lazada gajinya pasti lebih besar dari pada kerja di pabrik, para perusahaan BUMN juga sering mencari anak SMK informatika untuk menangani jaringan kantor mereka. Gak ada ruginya masuk jurusan ini. Jika bisa melanjutkan ke jenjang kuliah lebih baik dilanjut ke D3/S1 teknik informatika atau S1 sistem informasi

Tetapi
Seandainya keluarga kamu punya sawah, ternak, atau tambak sendiri, maka alangkah baiknya jika kamu mau meneruskan usaha keluarga menjadi petani atau peternak yang handal, efektif dan menghasilkan panen berkali kali lipat dari yang dilakukan orang tuamu dengan sekolah di SMK pertanian, peternakan atau perikanan. Dengan ilmu di jurusan tersebut kalian bisa mengembangkan dan memperluas usaha mandiri milik keluarga sehingga Indonesia bisa berdaulat dan swasembada pangan.

Pada prinsipnya setiap jurusan adalah baik dan memiliki skill tersendiri yang jika kamu tau cara memanfaatkanya maka bisa menjadi sumber penghidupanmu, sayangnya tidak banyak yang tahu bagaimana memanfaatkan kahlian dijurusan-jurusan yang khusus dan tidak banyak orang yang tahu sehingga lowongan pekerjaanya jarang sekali dan berimplikasi pada sulitnya mendapat pekerjaan. Dalam memilih jurusan sebaiknya ikuti kata hati apa yang menjadi minat dan keinginanmu. Jika belum tau apa maumu atau minatmu maka lihat apa usaha keluarga yang dimiliki dan masuk jurusan dibidang usaha keluarga untuk mengembangkanya. Jika keluargamu tidak punya usaha bisnis dan kamu belum tahu minatmu dimana maka kamu dapat mempertimbangkan 4 jurusan umum tadi. Semoga membantu kalian semua dalam menentukan pilihan, jika sudah memilih dan diterima tidak ada jalan mundur, jangan malas, tetap semangat belajar sampai lulus.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s